AGENDA 2017
Peran Aspek Psikologi
Usia Penerbang 60-65 Tahun

Dr. Widura IM., M.Si.

Seperti telah diketahui, tanggal 23 Nopember 2006 ICAO telah menerbitkannya Amandemen ke 167 terhadap Annex 1 yang memperpanjang batas usia pilot dari 60 tahun menjadi 65 tahun pada hari ulang tahunnya.   Berbagai studi melaporkan kondisi aktual cukup mendukung diberlakukannya amandemen ini, namun kajian-kajian ilmiah, khususnya aspek psikologi yang terkait dengan usia kronologis dan performance pilot tetap perlu dicermati.

In The News

Menurut Constanzo (2006) kekerasan yang dilakukan dalam lembaga perkawinan merupakan masalah klasik yang telah terjadi berabad-abad lamanya, umumnya yang menjadi korban kekerasan adalah para istri yang seharusnya dilindungi dan menjadi tumpuan kasih sayang suami. Kekerasan yang dilakukan dalam ranah domestik ini biasa diistilahkan dengan kekerasan domestik atau kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). 

Seorang atlet pencak silat melakukan latihan berulangkali agar dapat menguasai gerakannya.   Penguasaan gerakan menjadi bekal para atlet pada saat mengikuti pertandingan. Setiap gerakan yang dimunculkan oleh atlet dalam bertanding adalah hasil dari mengingat dan membayangkan gerakan di dalam pikirannya, ini yang disebut dengan imagery. Pada saat bertanding para atlet mempraktekan hasil imagerynya untuk menghadapi lawan. Kemampuan mengingat dan membayangkan gerakan ini menumbuhkan efikasi pada diri atlet.  Bandura (dalam Baron, 2003) mendefinisikan efikasi diri sebagai suatu kondisi di mana seseorang memiliki keyakinan diri akan kemampuan yang dimilikinya.  Dengan adanya efikasi diri, seorang atlet yakin mampu menghindari gerakan lawan dan dapat memberikan penyerangan balik terhadap lawan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 50 orang atlet yang telah mengikuti latihan imagery dan 50 orang  yang tidak mengikuti latihan imagery.  Analisis data penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif yang bersifat uji beda. Hasil analisis menunujukkan  atlet yang mengikuti imagery mempunyai skor rata – rata efikasi diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata – rata efikasi diri atlet yang tidak mengikuti imagery. Gambaran ini menunjukan bahwa atlet yang mengikuti imagery memiliki efikasi diri yang lebih kuat dibandingkan dengan atlet yang tidak mengikuti latihan imagery.

KEKERASAN DOMESTIK
Dra. Sri Mulyani Nasution, M.Psi.
Perbedaan Efikasi Diri Pada Atlet Perguruan Pencak Silat XY Komisariat Wilayah Jakarta Utara yang Mengikuti Imagery dan yang Tidak Mengikuti Imagery

Nike Riandini

Lydia Indira

DKI Waspadai Ancaman Kesehatan Mental
Tingginya tekanan hidup di Jakarta membuat Ibu Kota ini rentan terhadap ancaman kesehatan mental, saat ini terdapat 2.677 orang Psikotik atau Gangguan Jiwa yang berada di Panti Sosial Bina Laras milik Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.
Teknik-Teknik Motivasi
 

Motivasi mempunyai peranan yang penting pada diri individu baik di strata pimpinan maupun anggota biasa di organisasi karena merupakan salah satu faktor yang diandalkan dalam pencapaian tujuan organisasi. Dikatakan mempunyai peranan yang penting bagi unsur pimpinan, sebab seorang pemimpin dikatakan berhasil dalam menggerakkan orang lain, apabila mereka mampu menciptakan motivasi yang tepat bagi bawahan. Motivasi juga penting bagi bawahan untuk mendorong diri mereka sendiri dalam mencapai tujuan atau standar kerja.

  1. Achievement Motivation Training
  2. Kunjungan Rumah Sakit Jiwa
  3. Bhakti Sosial ke TPA Bantar Gebang
  4. Pemutaran Film "Disconnected" 3 Mei 2017
  5. Reakreditasi Program Studi Psikologi  28-30 Mei 2017
  6. Santunan Anak Yatim Panti Asuhan Muhammadiyah Rawamangun 1 Juni 2017
  7. Seminar Psychological First Aids 12 Agustus 2017
  • w-facebook
  • Twitter Clean
  • White Google+ Icon
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now